BLOG INI BERISI TENTANG TEMPAT-TEMPAT NONGKRONG/WISATA YANG ADA DI SURABAYA

TAMAN PRESTASI


Taman Prestasi merupakan bagian dari peningkatan kawasan tepi Sungai KaliMas Surabaya yang cukup berhasil berfungsi sebagai ruang publik. Meskipun dinilai masih jauh dengan pengembangan taman di luar negeri, keberadaan taman di pinggir Sungai KaliMas ini sudah mampu berfungsi sebagai ruang publik dimana pengunjung dari berbagai kalangan dapat menikmati taman beserta fasilitasnya. Taman yang terletak di sepanjang Jl. Ketabang Kali Surabaya dan berdiri di atas tanah sepanjang 650 meter ini dikenal sebagai salah satu tujuan bersantai keluarga-keluarga di Surabaya. Taman yang mulai tahun 2004 hingga 2007 dikelola oleh Dinas Pariwisata dan saat ini oleh Dinas Pertamanan telah mengalami banyak perbaikan signifikan. Sebelum adanya perbaikan, image Taman Prestasi masih rendah akibat maraknya aktivitas pacaran terutama di sore dan malam hari.

Upaya perbaikan dilakukan tidak saja dengan melengkapi fasilitas bermain anak-anak, namun juga penambahan vegetasi penghijauan yang dilengkapi hamparan bunga dan tanaman hias daun. Di dalam taman terdapat 34 permainan anak-anak yang meliputi jungkat-jungkit, ayunan, panjatan, seluncur, karousel, serta playground set yang tersebar diseluruh kawasan. Fasilitas lain penunjang wisata keluarga diantaranya amphiteater, panggung gembira, dermaga perahu serta fasilitas utilitas berupa toilet, mushola, lampu taman dan tempat duduk. Image sebagai tempat pacaran saat ini sudah mulai luntur sejak penambahan lampu yang membuat seluruh kawasan taman terang benderang dimalam hari. Oleh karena itu fungsi publik sudah berperan karena di malam hari pun keluarga dengan anak-anaknya masih banyak yang berkunjung dan menikmati suasana di taman ini. Beberapa hal yang membuat taman ini berhasil sebagai ruang publik diantaranya :

  1. Aksesibilitas – lokasi berada di pusat kota dan perdagangan yang mudah dicapai oleh pejalan kaki, pengendara sepeda, pemakai kendaraan bermotor. Namun fasilitas bagi pengunjung dengan keterbatasan fisik (lansia dan penyandang cacat) belum maksimal sampai belum ada . Keterkaitan antara satu ruang kota dengan ruang kota yang lain cukup dapat diakomodasi dengan adanya fasilitas jembatan gantung dan perahu wisata.
  2. Kenyamanan dan Citra – Pengunjung dalam berbagai kelompok usia dan kalangan dapat menikmati kawasan ini, menikmati fasilitas dan vegetasi yang menarik dan nyaman. Selain itu pengunjung taman ini banyak yang merasa terjamin keselamatan dan keamanannya (adanya fasilitas lampu, pagar, dan pengawasan petugas).
  3. Kegunaan dan aktivitas – Aktivitas cukup menarik masyarakat untuk datang dan menggunakan tempat tersebut. Pengunjung terlihat memperoleh kesenangan vitalitas, atraktif, keterpakaian dan penggunaan (waktu lebih lama sampai malam hari), keunikan serta keragaman yang ditawarkan dan interaksi yang terjadi.
  4. Interaksi Sosial – ruang kota ini menjadi ruang publik tempat berkumpul dan berinteraksi sosial bagi masyarakat dalam berbagai kelas, kalangan dan golongan, baik bagi masyarakat setempat maupun pendatang.

1 komentar:

ImronItemB mengatakan...

makasih infonya
wisata ke taman prestasi kota pahlawan
tempat rekeasi keluarga

Posting Komentar